Tuesday 1 March 2016

6 fakta unik tentang negara suriah

Suriah adalah negara yang terletak di timur tengah, perbatasan disebelah utara dengan negara Turki, negara Irak disebelah timur, laut tengah di sebelah barat dan negara Yordania disebelah utara. Negara suriah ini yang pusat pemerintahannya dan beribukota di damaskus ini mempunyai penduduk 23.423.062 orang.

Akhir-akhir ini di timur tengah telah di guncang peperangan yang tidak ada habisnya khususnya yang terjadi di Negara Suriah ini, namun kali ini saya tidak akan membahas tentang peperangan yang terjadi di negara Suriah ini tetapi saya akan membahas fakta-fakta unik yang terjadi di negara Suriah. 
Berikut ini adalah fakta unik yang ada di negara suriah.

1. Suriah Merupakan Tempat Peradaban Kota Kuno Elba

Suriah menjadi tempat lahir peradaban selama 10.000 tahun dan kota kuno elba merupakan peradaban konu yang ada di negara Suriah yang berdiri sejak tahun 1800 SM sampai 1650 SM.

Kota Elba {source}

Ditemukannya peninggalan 20.000 tablet tulisan konu yang ditemukan di kota tersebut yang menggambarkan kehidupan setiap harinya di Mesopotamia pada waktu itu, sejak saat itu kota Elba menjadi bagian dari kekaisaran besar dalam sejarah, pada sepanjang sejarah, bangsa Mesir, Assyiria, Kaldea, Persia, Makedonia dan Roma silih berganti menguasai daerah ini.

2. Beberapa Model Bendera Suriah Yang Saling Berlainan

Ada beberapa model bendera suriah yang saling berlainan. Dengan bendera nasional berwarna garis merah,putih dan hitam horisontal dengan dua bintang di tengahnya, partai politik penguasa suriah dengan model bendera partai Ba'ath mempunyai bendera sendiri yaitu berwarna garis hitam, putih dan hijau horisontal dan sebuah segita berwarna merah menyamping ke kiri dan sering terlihat gedung pemerintahan bersama dengan bendera nasional.

Bendera Suriah {source}

Dan juga ada bendera sebagai simbol pertempuran suriah melawan perancis dan memperoleh kemerdekaan. Inilah bendera suriah yang di pakai sampai tahun 1958 yang bermotif garis hijau, putih dan hitam horisontal dengan tiga bintang berwarna merah di tengahnya.

3. Presiden Suriah Assad Tak Pernah Diajari Politik

Sebelum Presiden Assad berkuasa orang tua dari Assad inilah yang menjadi Presiden Suriah waktu dulu yaitu Presiden Hafez yang berkuasa dari tahun 1971 - 2000 yang merebut kekuasaan dari Salah al Jahid presiden Suriah Sebelumnya.

Presiden Suriah {source}

Setelah sang ayah tewas Assad menggantikan posisi sebagai presiden pada tahun 2000 hingga sekarang setelah sang ayah tewas karena serangan jantung, ia mengungkap selama ayahnya masih hidup, dirinya tak pernah diajari ilmu politik. "Ayahku tak pernah berbicara politik denganku," ungkap Assad kepada National Geographic.

4. Suriah Dan Mesir Pernah Satu Negara
Pada tahun 1958 sampai 1961 negara Suriah dan Mesir pernah menjadi satu negara. Pada tanggal 1 februari 1958, dibawah arahan presiden Mesir, Gamal Abdel Nasser, suriah dan mesir bersatu membentuk Uni Republik Arab (UAR).

Bendera {Source}

UAR menunjukan tingginya rasa nasonalisme pan-Arab tetapi kemudian negara Mesir memonopoli kekuasaan ekonomi dan politik dari persatuan UAR, yang menimbulkan kudeta oleh tentara Suriah dan tidak mengakui Nasser kemudian negara Suriah keluar dari persatuan negara tersebut.

5. Istri Assad Hidup Mewah

Assad menikah dengan Asma, mantan pengusaha, pada tahun 2000. sejak menjadi istri presiden, Asma kerap menghamburkan uang puluhan ribu dollar dengan membeli barang mewah, seperti sepatu merk terkenal Christian Louboutin.

Asma {source}

Berdasarkan isi email antara Bashar dan Asma yang di kuak Wikileaks, yang menggambarkan percakapan tentang sepatu hak tinggi, Christian louboutin seharga $4.000 dan presiden menghindari sanksi perdagangan Amerika dengan melibatkan pihak ketiga untuk membeli produk iTunes, termasuk lagu Chris Brown dan video game "Real Racing 2".

6. Adanya Sekte Agama Rahasia

Alawites Adalah sekte agama rahasia yang biasanya dianggap sebagai cabang dari Islam Syiah. di Suriah mereka sangat minoritas, tetapi melalui keluarga presiden dan orang-orang lain yang menduduki posisi senior, mereka berhasil mendominasi pemerintahan.
Alawites {source}

Sekitar 74% penduduk suriah adalah Muslim Sunni dan Muslim Syiah (termasuk Alawites dan Ismailis) berjumlah 13%, agama Kristen 10% dan Druze 3%. Komunitas Yahudi telah ada di Suriah selama berabad-abad tetapi sekarang jumlahnya sangatlah kecil.

Demikianlah artikel tentang 6 fakta unik tentang negara Suriah.. 
Semoga bermanfaat Sob...

No comments:

Post a Comment