Wednesday 2 March 2016

Mengenal 5 Berbagai Macam Sistem Operasi Modern Pada Komputer

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Sistem Operasi Komputer. Dengan pesatnya kemajuan tekhnologi akhir – akhir ini banyak orang yang menfaatkan kemajuan tekhnologi dengan di dapatinya orang – orang telah memakai komputer yang tidak mungkin lepas dari kehidupannya sehari-hari, Meskipun orang-orang banyak menggunakan komputer tetapi dari kebanyakan orang cuma mengenal Windows sebagai sistem operasi tersebut dan tidak tahu kalau Sistem Operasi itu tidak cuma Windows. 
Baiklah mari kita mengenal tentang penjelasan Sistem Operasi Modern Pada Komputer. Sebelum kita mengenal berbagai macam system operasi pada computer lebih baik kita mengenal dulu Apa itu Sistem Operasi ? Sistem Operasi (bahasa inggris yang berarti Operating System atau OS) adalah komponen pengolah piranti lunak dasar (essential component) tersistem sebagai pengelola sumber daya perangkat keras komputer (hardware), dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. 
Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting. Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya. Untuk fungsi-fungsi perangkat keras seperti sebagai masukan dan keluaran dan alokasi memori, sistem operasi bertindak sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras computer, meskipun kode aplikasi biasanya dieksekusi langsung oleh perangkat keras dan seringkali akan menghubungi OS atau terputus oleh itu. Sistem operasi yang ditemukan pada hampir semua perangkat yang berisi komputer dari ponsel dan konsol permainan video untuk super komputer dan server web. Dan dibawah ini merupakan contoh dari system operasi modern pada komputer serta penjelasannya ? 

1. Microsoft Windows  atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis. Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar.

Mengenal 5 Berbagai Macam Sistem Operasi Modern Pada Komputer
Windows {source}

Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama. Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Microsoft Windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%.

2. Linux adalah nama yang diberikan kepada system operasi komputer Bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dansumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja. Nama "Linux" berasal dari nama pembuatnya, 

Mengenal 5 Berbagai Macam Sistem Operasi Modern Pada Komputer
Linux {source}

yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari system operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternative GNU/Linux. 

3. Mac OS adalah singkatan dari Macintosh Operating System. Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple Komputer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2020 telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86. Mac OS X adalah versi terbaru dari sistem operasi Mac OS untuk komputer Macintosh. Sistem operasi ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001. Karakter "X" adalah nomor Romawi yang berarti sepuluh, di mana versi ini adalah penerus dari sistem operasi yang digunakan sebelumnya seperti Mac OS 8Mac OS 9. Beberapa orang membacanya sebagai huruf "X" yang terdengar seperti "eks". 

Mengenal 5 Berbagai Macam Sistem Operasi Modern Pada Komputer
Mac Os {source}

Salah satu alasan mengapa mereka menafsir sedemikian karena tradisi untuk memberikan nama sistem operasi yang berbasis Unix dengan akhiran "x" (misalnya AIX, IRIX, Linux, Minix, Ultrix, Xenix). dan Mac OS X Server juga dirilis pada tahun 2001. Pada dasarnya versi Server ini mirip dengan versi standarnya, dengan perbedaan bahwa versi Serverworkgroup dalam komputer berskala besar. Contoh fitur tambahan yang tersedia untuk versi ini adalah piranti lunak untuk menjalankan fungsi-fungsi seperti SMTP, SMB, LDAP dan DNS. Selain itu cara melisensinya juga berbeda. mencakup piranti lunak untuk keperluan manajemen dan administrasi Mac OS X adalah sistem operasi yang menggunakan kernel BSD sehingga beberapa kalangan mengatakan bahwa Mac OS X termasuk dalam keluarga Unix. Hal yang menarik dari OS ini adalah keindahan tampilannya sehingga menjadikannya panutan bagi pengembang desktop lain. 

4. DOS Sesuai dengan namanya, DOS adalah Diskette Operating System merupakan sistem operasi yang terkemas dalam sebuah disket berkapasitas 360 MB. Sistem operasi ini sangat populer di awal dekade 80-an ketika komputer disebut IBM PC mulai populer sebagai komputer perorangan, Pada masa itu komputer belum dilengkapi dengan hard disk. 

Mengenal 5 Berbagai Macam Sistem Operasi Modern Pada Komputer
Dos {source}

Jenis DOS ada dua macam taiut PC DOS yang dibuat oleh IBM dan MS DOS buatan Microsoft. Saat ini DOS sudah jarang digunakan karena terpinggirkan oleh sistem windows. 

5. UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang diawali dari project Multics (Multiplexed Information and Computing Service) pada tahun 1965 yang dilakukan American Telephone and Telegraph (AT&T), General Electric (GE), 

Mengenal 5 Berbagai Macam Sistem Operasi Modern Pada Komputer
Unix {source}

dan Institut Teknologi Massachusetts (MIT), dengan biaya dari Departemen Pertahanan Amerika (Departement of Defence Advenced Research Project, DARPA atau ARPA). UNIX didesain sebagai sistem operasi yang portabel, multi-tasking dan multi-user. Demikianlah berbagai macam sistem operasi modern pada komputer. 

Demikianlah berikut Mengenal 5 berbagai macam sistem operasi pada komputer.
Yang bersumber dari blog Tenkomp.blogspot.com
Terima Kasih Atas Kunjungannya, Semoga Bermanfaat.

1 comment:

  1. terimakasih info nya bermanfaat <a href="https://freebet.center>masbos</a>

    ReplyDelete